Pengantar Teknik Industri

Good evening readers!

Akhirnya malam ini tiba, saatnya saya mempersiapkan otak saya untuk review pelajaran yang pernah saya dapatkan karena apa? Karena besok adalah UAS hari pertama! (bg music: terompet) Jadwal untuk besok adalah Pengantar Teknik Industri (PTI) pada pukul setengah delapan pagi. Lalu kenapa saya malah membuka blogger.com? Kenapa tidak duduk didepan meja belajar dan belajar (sambil ngemil) saja? Karena hal yang seperti itu sudah terlalu membosankan (untuk malam ini)! Saya memutuskan untuk menggunakan metode lain supaya semangat belajar saya tidak pudar. Akhirnya saya memutuskan untuk review PTI via blog. Ya bisa sambil colong-colong buka website lain (baca: twitter.com) lah yaa... :P



Okay, here we go readers! Kita mulai Q&A tentang PTI!

Siapa sih Industrial Engineers (IE-ers) itu?
IE-ers adalah orang-orang yang memecahkan sebuah permasalahan dengan system thinking dan tools yang ada untuk membuat sesuatu itu lebih baik. IE-ers juga merupakan system integrator. Di sebuah perindustrian, sebut saja pabrik, pasti banyak sekali komponen-komponen didalamnya, misalnya saja bagian produksi dan bagian manajemen keuangan. Nah IE-ers bakalan nyatuin semua, atau bisa kita bilang mensinergiskan komponen tersebut menjadi sebuah sistem yang padu.

Emang IE-ers itu beneran bisa kerja dimana saja ya?
Kalau dibilang 'kerja dimana saja' itu sebenarnya kurang tepat. IE-ers itu terfokus pada suatu sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia dan keteknikan. Sistem tersebut dinamakan sosio-technical system. Nah, contoh sistem sosio-teknika itu banyak sekali, diantaranya ada taman hiburan sejenis Disney Land, rumah sakit, pabrik coklat, dan bandara. Jadi IE-ers itu dapat bekerja di banyak tempat asalkan tempat itu merupakan sosio-technical system.

Lalu apakah ada pertimbangan untuk memilih suatu pekerjaan?
Tentu saja ada. Kita dapat memilh pekerjaan berdasarkan passion, kemampuan, dan kontribusinya. Ketiga aspek itu harus selaras, jadi pilihlah sebuah pekerjaan yang kita enak menjalankannya, benar-benar mempunyai kemampuan tentang pekerjaan tersebut dan setelah kita bekerja kita dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat.

Kalo perbedaan Teknik Industri sama yang lainnya itu apa sih?
Ranah yang dipelajarin di Teknik Industri itu luas loh, bukan hanya satu-dua ranah saja seperti teknik-teknik yang lain. Maka dari itu kesempatan kerja yang didapatkan IE-ers lebih luas. Dengan pemahaman tentang berbagai macam ranah, IE-ers bisa menyatukan berbagai macam komponen di perindustrian menjadi saling berkaitan dalam satu sistem.

Tolong analogikan kerja IE-ers dong!
Kalau kita bicara tentang kerja IE-ers kita musti bayangin role-model kita lagi masak kue brownies deh. Suatu hari mamanya Adam Lambert lagi ulang tahun nih. Si Adam akhirnya memutuskan buat masak kue brownies sebagai kado ulang tahun buat mamanya. Nah akhirnya dia beli bahannya deh di Indomaret, mulai dari tepung, gula, telur, coklat, dan lain lain. Terus dia masak pake alat-alat yang ada di dapur. Setelah jadi dan diberikan ke mamanya, ternyata mamanya suka dan pengen mamerin kue itu ke orang-orang. Akhirnya itu kue dibagi-bagiin ke tetangga-tetangga sebelah. Mereka pada suka dan akhirnya banyak banget yang pesen kue ke Adam. Terus pada suatu hari Adam dapet pesenan 1000 kue. Adam shock! Kalau aja dia bukan penyanyi dan akhirnya jadi IE pasti bakalan gampang. Dia bakalan nerapin pelajaran yang dia dapetin dulu waktu kuliah, contohnya mass production, supply chain management, quality control, dan lain-lain. Adam bakalan ngerti bagaimana cara memasok bahan-bahan kue supaya gak kehabisan kalau dibutuhin dan gak bakalan ketimbun lama banget di gudang. Dia juga bakalan bisa menjaga rasa satu kue dengan yang lainnya tetap sama. Pokoknya banyak deh...

Apa saja kompetensi inti Teknik Industri (di UGM)?
Kompetensi inti Teknik Industri itu ada tiga kelompok tools, yaitu Operating Research, Human Factor, dan Production Engineering serta Manufacturing System.  Opertating Research itu berkaitan dengan optimisasi yang berbasis kuantitatif. Disini kita membutuhkan matematika untuk memecahkan masalah keteknik-industrian. Ini akan kita pelajari salah satunya di Teori Keputusan. Human Factor berhubungan tentang manusia (kembali lagi ke sistem sosio-teknika dimana manusia sebagai salah satu unsurnya). Salah satu contoh mata kuliah yang berhubungan dengan human factor adalah Ergonomika. Production engineering adalah sistem produksi dimana terdapat added value, contohnya produksi bala menjadi traktor. Sistem manufaktur adalah tempat dimana kita belajar tentang Teknik Industri. Kenapa harus manufaktur? Karena sistem tersebut merupakan sistem yang kongkrit sehingga mudah untuk dipelajari.

Bagaimana sikap IE-ers terhadap tools yang ada di Teknik Industri?
Yang pasti IE-ers harus mengetahui dan memahami tools dan dapat memilih tools mana yang cocok digunakan untuk mengatasi suatu permasalahan.

Kenapa IE-ers musti speak with data?
Supaya hasil analisa suatu permasalahan valid.

Apakah yang dimaksud dengan sinergi?
Sinergi itu bisa kita simbolkan sebagai 1+1>2. Kita bakalan punya nilai tambah kalau kita bekerja bersama daripada bekerja sendirian. Contohnya saja orkestra. Orkestra merupakan sebuah sistem yang terdiri dari banyak orang yang memainkan berbagai macam musik dan mereka bersinergis (bekerja sama/ topang menopang) untuk menghasilkan musik yang luar biasa, beda dengan musik yang dihasilkan triangle yang dimainkan sendirian. Jadi intinya sinergis itu keberagaman yang menjadi satu.

Apakah yang dimaksud dengan sebuah sistem?
Sistem adalah kumpulan orang atau bagian (komponen) yang berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk suatu fungsi secara keseluruhan.

Lalu apa yang dimaksud dengan System Integrity?
Integritas sistem adalah kumpulan komponen yang bersinergis membentuk suatu fungsi tertentu dan bila kita pisahkan komponen tersebut misalnya menjadi dua, kita tidak akan mendapatkan dua sistem yang lebih kecil dan mempunya fungsi yang sama dengan sistem yang sebelumnya.

Apa sih System Thinking?
System Thinking itu merupakan sebuah pemikiran dimana kita terfokus pada keterkaitan antar event, bukan memandangnya satu-satu melainkan secara menyeluruh. 

Apa saja konsep dari System Thinking?
1. Konsep gunung es
Gunung es yang mengapung di samudera mempunya beberapa bagian, yaitu puncak gunung, sedikit badan gunung yang nyembul di permukaan, dan sebagian besar badan gunung yang sembunyi di bawah permukaan laut. Puncak gunung merupakan analogi dari pendekatan reaktif. Pendekatan ini akan memandang sebuah kejadian (sistem) sebagai satu-satunya permasalahan dan tidak memikirkan kejadian lainnya apakah ada keterkaitannya atau tidak. Orang yang melakukan pendekatan ini akan memberi solusi langsung pada saat kejadian terjadi. Yang kedua adalah analogi dari sedikit badan gunung diatas permukaan samudera, yaitu pendekatan antisipatif. Pendekatan ini akan melihat dinamika sistem (bisa kita katakan event-event yang berkaitan) dari satu waktu ke waktu yang lainnya. Setelah itu dihasilkanlah sebuah pola dan IE-ers bisa melakukan perencanaan antisipatif. Kalau yang bagian dibawah permukaan samudera itu pendekatan genertif. Pendekatan ini musti menganalisis keterkaitan antara satu faktor dengan beribu faktor lainnya yang menyebabkan sebuah event itu terjadi. Jadi tidak hanya reaktif dan antisipatif, tetapi IE-ers juga bisa mengubah sistemnya menjadi lebih baik dengan berbagai macam cara. Contoh dari konsep gunung es: http://budihartono.wordpress.com/2008/02/06/iceberg/
2. Konsep Loop
Kalau konsep yang ini saya kurang tahu... -_-

Misalnya ada kasus nih, kinerja pabrik pembuatan sari apel di Jogja itu lebih jelek dibandingin sama yang di Malang. Terus Pak Bosnya minta IE-ers yang bekerja di Jogja untuk membuat laporan kenapa hal ini bisa terjadi. Nah, laporannya musti dikumpuin tiga jam sesudah perintah ini dikeluarin soalnya Pak Bosnya mau honey moon sama istrinya di Paris. Jadi, apa yang akan IE-ers lakukan?
Kerja dibawah tekanan itu hal yang sudah biasa bagi IE-ers *eaaah. Tidak perlu pusing, ada satu hal yang menjadi andalan IE-ers, yaitu Data Analysis! Pertama-tama IE-ers harus mencari data (data gathering) sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, misalnya berapa mesin yang dipakai di pabrik Jogja dan Malang. Untuk mempermudah pencarian data, IE-ers harus punya link yang baik. Lalu IE-ers analisis data-data tersebut menggunakan tools yang ada, contohnya statistika. Setelah itu keluarlah hasilnya. Hasil tersebut sebagian besar merupakan sesuatu yang tidak dimengerti oleh orang awam, maka dari itu IE-ers harus mengubahnya kedalam bentuk laporan.

Apa inventory itu?
Inventory itu aset yang dimiliki perusahaan dalam bentuk barang mentah, barang setengah jadi, dan barang yang sudah jadi.

Apa heijunka itu?
Heijunka adalah pemerataan proses produksi sehingga beban kerja juga merata.

Apakah yang dimaksud dengan pareto?
20% dari faktor permasalahan yang ada menghasilkan 80% dampak keseluruhan. Jadi kesalahan yang kecil ternyata menimbulkan dampak yang besar. 

Apakah yang dimaksud dengan K3?
Keselamatan dan Kesehatan Kerja. -_-

Apakah yang dimaksud dengan kanban?
Suatu sistem informasi yang berada di setiap proses produksi pada proses manufaktur.

Apa 5S itu?
Kalau bahasa Indonesianya itu resik, rapi, rajin, ringkas, dan... lupa.

Yaak, segitu dulu ya reviewnya. Acakadut banget yah bahasanya -_-. Kalau ada salah kata mohon dimaafkan yak. Saya hanyalah manusia biasa. Semoga bermanfaat! :)

Comments

Popular posts from this blog

Saya Lagi Labil.

Dari Ngedumel jadi Sesenggukan

R A N D O M