Corporate Management Trainee - Frisian Flag Indonesia

Selamat pagi semuanya. Akhirnya aku kembali setelah beberapa bulan hengkang dari dunia blogger hehe. Jadi ceritanya sekarang aku udah lulus gaes dari universitas aku dan saatnya mencari pekerjaan. Sebenernya aku udah apply ke beberapa perusahaan sih, namun untuk post kali ini aku akan menceritakaan pengalaman menyenangkan aku selama mengikuti proses recruitment PT Frisian Flag Indonesia (FFI). 

Hasil gambar untuk frisian flag indonesia


Siapa sih yang enggak kenal sama PT. FFI? Produk Susu Benderanya sangat tersohor. Bahkan mungkin anak-anak sampai orang dewasa bakalan ikut nyanyi kalo dengerin theme songnya Susu Bendera. Susu saya Susu Bendera, yeah~ Jadi gimana sih sejarahnya kok bisa Susu Bendera atau PT. FFI ini bisa ada dan tersohor di Indonesia ya? Jadi semua bermula di negara Belanda di ufuk utara sana...

Tahun 1830, 30 koperasi susu di Belanda mendirikan sebuah pabrik pengolahan susu yang namanya De cooperatieve Condensfabriek Friesland. Pabrik ini bisa mengolah susu sapi menggunakan metode evaporasi sehingga susu tersebut bisa dipasarkan secara lokal maupun internasional. Lalu, pada tahun 1922 produk susu ini dipasarkan ke Hindia Belanda, salah satunya ke Batavia. Jadilah deh Susu Bendera yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sampai sekarang.

Sekarang waktunya cerita tentang recruitment PT FFI. Jadi posisi yang aku daftar di FFI adalah MT Corporate. Posisi ini diperuntukan untuk orang-orang lulusan S2 dan lulusan S1 dengan IPK diatas 3,5. Aku daftar posisi tersebut melalui Job Fair ECC UGM yang diselenggarain di Jogja Expo Centre akhir bulan Februari kemarin. Lalu sekitar 3 hari kemudian dapat invitation untuk melaksanakan tes selanjutnya di aula UNY.

1. Psikotes
Psikotes ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama itu seperti psikotes pada umumnya, contohnya verbal dan kraeplin. Setelah sesi pertama selesai, pihak recruiter kemudian menilai hasil sesi pertama itu dan peserta yang lolos sesi pertama segera diumumkan untuk langsung mengikuti sesi kedua. 

Sesi kedua itu tesnya lebih kepada berhitung dan logika. Karena berasal dari background teknik, aku dan teman-teman sesama teknik mendapatkan tes tambahan seputar logika-logika keteknikan. Contohnya ada gambar beberapa gear. Gear di ujung kanan bergerak clockwise, dengan demikian gear di ujung kiri akan bergerak kemana? Lalu juga ada pembagian beban, pokoknya semacam mekanika teknik gitu lah. Setelah sesi kedua selesai, peserta diharap menunggu selama sekitar satu jam untuk mengetahui siapa-siapa saja yang lolos pada tahap berikutnya yang diadakan keesokan harinya. 

Untuk psikotes ini aku kebagian jadwal siang hari sampai sore. Wah lumayan lama dong. Tak apa, karena peserta dapet konsumsi berupa sekotak assorted breads dari Holland Bakery. Hidup konsumsi gratis! *maklum ya anak kosan wkwk

2. LGD dan Interview dengan Psikolog
Tes keesokan harinya dimulai dengan melangsungkan LGD di pagi hari. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok berisi 6 orang dan akan ditemenin sama seorang psikolog. Kemudian Ibu Psikolognya memberikan secarik kertas berisi persoalan yang harus dipecahkan sama kelompok. Aku dapet problem bagaimana cara memajukan suatu wilayah, lupa namanya apa, dan di soal itu dikasih tau kondisi wilayah sekarang itu gimana. Setelah soal dikasih, dimulailah LGD-nya, namun waktu itu disuruh pakai bahasa Indonesia dulu sama Ibu Psikolognya. Dipertengahan diskusi, Ibu Psikolognya kemudian nyuruh kami ganti pake bahasa Inggris. 

Peserta yang lolos LGD kemudian melanjutkan interview dengan psikolog di siang harinya. Namun sebelum interview, peserta diberi pengarahan dan waktu untuk mengerjakan tes wartegg dan kepribadian diri. Peserta yang lolos tahap ini diumumkan malam harinya dan diwajibkan untuk membuat video pengenalan diri selama 3 menit dan dikumpulkan keesokan harinya. Tes pun berakhir sore hari.

Peserta yang lolos diumumkan sekitar jam 9 malam. Alhamdulillah aku lolos ke tahap berikutnya. Dengan demikian aku diharuskan membuat video pengenalan diri. Tapi aku tak punya software buat video editing, jadi aku harus download dulu yang gratisan. Dan ternyata cari yang gratisan susaaah banget. Banyak sekali website-website yang menipu dan udah berapa kali aku download software palsu yang berisi malware. Akibatnya laptopku yang dari sananya udah lemot jadi tambah lemot pake banget. Setelah rummaging Google sampai tengah malem, akhirnya aku dapet juga wkwk.  Pengambilan video aku lakukan pagi hari dan dibantu dengan roomate aku, Embong. Makasi banyak Embong :* Abis ambil video baru deh aku edit pake software yang udah kutemuin tadi malem.

3. Presentasi
Presentasi dilakukan di kantor FFI cabang Yogyakarta, yaitu berada di Jl. Ringroad Utara. Kantornya tidak seserius bangunan kantor pada umumnya, malah lebih cenderung kaya rumah gitu. So homey~

Peserta yang lolos presentasi dibagi menjadi dua kelas, kelas lantai atas dan lantai bawah. Aku kebagian di lantai bawah. Masing-masing peserta diberi secarik kertas berisi business case yang harus diselesaikan dan dipresentasikan. Peserta diberikan waktu selama 45 menit untuk berpikir dan menyiapkan presentasi. Dan waktu bikin presentasi laptopku ngefreeze dong. Ini pasti karena semalem wkwk. But alhamdulillah presentasinya jadi sebelum waktunya habis. Peserta kemudian diberi waktu 10 menit untuk presentasi dan 10-15 menit untuk tanya jawab dalam bahasa Inggris.

4. Medical Check Up
Dua minggu berlalu setelah presentasi FFI. Alhamdulillah dapet telepon dari FFI untuk medical check up. Medical check up ini dilakukan di Prodia Yogyakarta. Apa aja yang di check? Ada check fisik, lalu check darah, check urin dan feses, dan rontgent. 

5. Interview dengan Regional Manager
Beberapa minggu kemudian aku dapet telpon dari FFI untuk interview di FFI Yogyakarta. Alhamdulillaah. Di awal-awal proses recruitmen, peserta diberi tahu kalo tahapan abis MCU adalah interview dengan BOD tapi sepertinya ada satu tahapan lagi yang ditambahkan oleh FFI, yaitu tahapan interview bersama regional manager.

Presentasi dilaksanakan pada tanggal 6 April. Ternyata interviewer yang mewawancarai peserta ada dua orang dan wawancara dilakukan per dua peserta. Jadi dalam satu waktu dan di dalam satu ruangan, interviewers akan menanyai dua orang peserta. Dua orang peserta ini mendapatkan jatah interview selama kurang lebih 45 menit. Jadi harus bisa ngatur-ngatur diri biar tidak mendominasi, soalnya kasihan ntar temennya gak kebagian buat ditanyain hehe. Pertanyaan interviewer adalah seputar CV dan pengalaman internship. 

Interview dengan regional managers udah selesai. Tak terasa waktu udah berlalu selama dua bulan lamanya. Dan masih belum ada kabar dari FFI.  Menunggu kepastian selama itu sesuatu banget yah wkwk. Dalam kurun waktu dua bulan itu aku mengikuti proses recruitment dari perusahaan-perusahaan yang lainnya. Aku udah berpikiran kalo aku enggak lolos recruitment FFI. Tapi allhamdulillah, puji Allah minggu kemarin aku dapat e-mail dari FFI yang isinya invitation untuk interview BOD. Aku bener-bener gak nyangka aku dapat e-mail dan aku sungguh bersyukur mendapatkannya. 

Interview BOD ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni di Kantor FFI di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Sekarang tanggal 8 Juni, 6 hari lagi sebelum hari H dan aku merasa deg-degan wkwkwk. Aku hanya bisa berusaha dan berdoa. Kalau memang rejeki ya akan lolos, kalau tidak ya mau gimana lagi hehe. Aku padamu Ya Allah :*

Edit - 31/07/2017

6. Interview BOD
Interview BOD ini dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. Saat aku dan temen-temenku, total sebanyak 10 orang, masuk ke dalam ruangan yang telah disediakan, kami melihat ada kursi-kursi yang telah ditata melingkar. Ini nih. Pasti bakalan ada LGD lagi, batinku. Dan ternyata benar, bukan hanya interview, tapi juga ada LGD dadakan sebanyak dua kali pada pagi harinya. Jadi kami diberi list tema gitu dan disuruh milih tema mana yang diinginkan. Lalu dari 10 orang tadi dibagi jadi dua kubu, pro dan kontra. Abis itu udah deh, diskusi. Diskusi ini dilihat oleh para manager-manager. Mereka akan memberikan nilai dan feedback tentang diskusinya. 

Abis istirahat siang, barulah interview BOD. Interviewernya ada dua orang dan interviewnya full English. Karena dilakukan secara bergantian, nunggunya lumayan lama. Setela selesai semuanya, ada break buka puasa, jadi kami buka puasa bareng hihi. Abis buka bareng, diumumkanlah siapa-siapa aja yang lolos. Alhamdulillah aku menjadi salah satunyaa.


Bagiku pengalaman recruitment di FFI ini sangaaaat challenging dan menyenangkan. Recruitment ini juga memebuatku belajar karena mengasah pola pikir aku dan kecepatan serta ketepatan berpikir dalam waktu yang dibatasi dan singkat. Aku juga bertemu dengan banyak sekali teman. Pokoknya pengalaman ini sangat berharga dan bakalan ku ingat sampai tua nanti, azeek. Akhir kata semoga post ini dapat membantu teman-teman diluar sana yang lagi kepo recruitment FFI itu gimana. Until next time yah. Cheers :)

Comments

Popular posts from this blog

Saya Lagi Labil.

Dari Ngedumel jadi Sesenggukan

R A N D O M